Kamis, 01 Agustus 2019

Permainan Bola Basket


PERMAINAN BOLA BASKET


Gambar 1: Pertandingan Bola BAsket di DBL Arena
Basket dianggap sebagai olahraga unik karena diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga. Pada tahun 1891, Dr. James Naismith, seorang guru olahraga asal Kanada yang mengajar di sebuah perguruan tinggi untuk para siswa profesional di YMCA (sebuah wadah pemuda umat Kristen) di Springfield, Massachusetts, harus membuat suatu permainan di ruang tertutup untuk mengisi waktu para siswa pada masa liburan musim dingin di New England. Terinspirasi dari permainan yang pernah ia mainkan saat kecil di Ontario, Naismith menciptakan permainan yang sekarang dikenal sebagai bola basket pada 15 Desember 1891.
Pertandingan resmi bola basket yang pertama, diselenggarakan pada tanggal 20 Januari 1892 di tempat kerja Dr.James Naismith. Basket adalah sebutan yang diucapkan oleh salah seorang muridnya. Olahraga ini pun segera terkenal di seantero Amerika Serikat. Penggemar fanatik ditempatkan di seluruh cabang di Amerika Serikat. Pertandingan demi pertandingan pun dilaksanakan di seluruh kota-kota negara bagian Amerika Serikat.
Pada 1948, ketika Negara Indonesia menggelar PON I digelar di Solo, bola basket, sudah menjadi salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan. Ini membuktikan bahwa basket cepat memasyarakat dan secara resmi diakui Negara. Tiga tahun kemudian, Maladi sebagai Sekretaris Komite Olimpiade Indonesia (KOI) yang kemudian menjadi Menteri Olahraga, meminta Tonny Wen dan Wim Latumeten untuk membentuk organisasi bola basket. Namun akhirnya karena tuntutan kebutuhan untuk menyatukan organisasi basket, disepakati pembentukan Persatuan Bola Basket Seluruh Indonesia pada 1955, disingkat PERBASI.


Gambar 2: Dr. James Naismith


1.    SARANA DAN PRASARANA BOLA BASKET
LAPANGAN
 
Gambar 3: Ukuran Lapangan Bola Basket


BOLA
 
Gambar 4: Bola Basket
                   
        1. Ukuran Bola Basket Nasional dan Internasional
              Ukuran Bola Basket Keliling : 75cm-78cm.

              Berat Bola Basket : 600gr-650gr.
         2.   Ukuran Bola Basket Standar FIBA
              Keliling Bola Basket :749 mm – 780 mm
              Berat Bola Basket : 567 gr – 650 gr.
        3.   Ukuran Bola Basket Standar NBA
             Ukuran bola basket : 749,3 mm – 755,65 mm
             Berat : 623,7 gr
         4.  Ukuran Bola Basket Berdasarkan Kategori Pertandingan
             Jenis Ukuran Bola Basket : Nomor 5,6 dan 7.
             Ukuran Bola Basket untuk pertandingan Profesional : Nomor 7
             Ukuran Bola Basket untuk pertandingan anak SMP : Nomor 6
             Ukuran Bola Basket untuk pertandingan anak SD : Nomor 5


2.    JUMLAH PEMAIN DAN WAKTU
Jumlah pemain dalam permainan bola basket adalah 5 orang dalam satu regu dengan cadangan 5 orang. Sedangkan jumlah wasit dalam permainan bola basket adalah 2 orang. Wasit 1 disebut Referee sedangkan wasit 2 disebut Umpire.
Waktu permainan 4 x 10 menit jika berpedoman dengan aturan Federasi Bola Basket Internasional. Versi National Basketball Association waktu bermain adalah 4 x 12 menit. Di antara babak 1, 2, 3, dan babak 4 terdapat waktu istirahat selama 10 menit. Bila terjadi skor yang sama pada akhir pertandingan harus diadakan perpanjangan waktu sampai terjadi selisih skor. Di antara dua babak tambahan terdapat waktu istirahat selama 2 menit. Waktu untuk lemparan ke dalam yaitu 5 detik.
Gambar 5: Scoreboard Basket

3.   
TEKNIK DASAR

CHEST PASS
BOUNCE PASS
BASEBALL PASS
DRIBBLE
LAY UP



Sumber :
o   https://id.wikipedia.org/wiki/Bola_basket
o   www.google.com
o   https://gurupenjaskes.com/teknik-dasar-bolabasket

o  Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Buku Siswa SMP Kelas VII kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017.
o  Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Buku Siswa SMP Kelas VIII kurikulum 2013, Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2017.









0 komentar:

Posting Komentar