Jumat, 17 Mei 2019

Atletik Lari Jarak Pendek

ATLETIK LARI JARAK PENDEK

Dalam bahasa Yunani selain kata “Athlon” juga terdapat kata “Pentahtlon” yang berasal dari dua kata yang bergabung menjadi satu yaitu penda yang berarti lima dan ahtlon artinya lomba. Sehingga dapat diartikan perlombaan yang terdiri dari lima nomor. Atau perlombaan yang terdiri dari nomor jalan, lari, lempar, lompat (jalalelo).
Atletik berasal dari bahasa Inggris yang asal katanya dari “athletic” yang berbeda dari bahasa Yunani, yaitu memiliki arti yang lebih luas, yaitu berbagai macam pertandingan sepakbola yang bersifat perlombaan atau pertandingan seperti bola basket, sepakbola, tenis, renang, senam atau olahraga lainnya.
Sedangkan dalam bahasa Indoensia kata atletik diartikan sebagai cabang olahraga yang dilakukan di luar dan memerlukan kekuatan, ketangkasan, dan kecepatan. Yang terdiri atas nomor-nomor lari, jalan, lempar, lompat. dari berbagai pendapat tersebut dapat disimpulkan bahwa atletik merupakan sebuah olahraga yang diperlombahkan yang meliputi aspek jalan, lari, lempar, lompat. Untuk menguji berbagai hal yang menyangkut kekuatan fisik.
Lari jarak pendek adalah berlari dengan kecepatan penuh sepanjang jarak yang harus ditempuh, atau sampai jarak yang telah ditentukan. Perlombaan lari jarak pendek dalam dunia atletik sering disebut sebagai lari sprint atau lari cepat. Seorang pelari jarak pendek biasanya dipanggil dengan sebutan sprinter. Nomor lari jarak pendek yang diperlombakan pada event internasional, jika diadakan di lapangan terbuka (outdoor), meliputi nomor lari 100 m, 200 m, dan 400 m. Lari jarak pendek yang dilombakan di lapangan tertutup (indoor) meliputi, lari 50 m, 60 m, 200 m, 400 m.

Stadion Atletik

LARI JARAK PENDEK
Gerakan lari jarak pendek  100 m, 200 m, 400 m gerakannya sedikit berbeda dengan lari jarak menengah. Perbedaan itu ada di posisi kaki saat menapak di tanah, lari jarak pendek menapak dengan menggunakan bola-bola kaki / ujung  kaki dan pada lari jarak menengah kaki menapak pada ujung tumit kaki dan menolak dengan ujung kaki.
Lari jarak pendek menggunakan kecepatan penuh sampai garis finish. Dalam lari jarak pendek pelaksanaan startnya menggunakan start jongkok (Bunch Start) yang  aba-abanya : “BERSEDIA” “SIAP” “YA”.

KETERAMPILAN GERAK START LARI JARAK PENDEK

“ Start Jongkok (Bunch Start)”
1. Bersedia

1) Satu lutut diletakkan di tanah dengan jarak ± satu jengkal dari garis start. Kaki satunya diletakkan       tepat di samping lutut yang menempel tanah ± satu kepal.
2) Badan membungkuk ke depan, kedua tangan terletak di tanah di belakang garis start, keempat jari       rapat, ibu jari terbuka (membentuk huruf ‘ v ‘ terbalik).
3) Kepala ditundukkan, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada aba-aba berikutnya.

2. Siap

1) Lutut yang menempel di tanah diangkat, panggul diangkat lebih tinggi dari bahu dan berat badan        dibawa ke depan, kaki belakang membentuk sudut 120 derajat, sedangkan kaki depan membentuk  
    sudut 90 derajat.
2) Kepala tetap tunduk, leher rileks, pandangan ke bawah dan konsentrasi pada
    aba-aba berikutnya.

3. YA !
1) Menolak ke depan dengan kekuatan penuh atau gerakan meluncur, tetapi jangan melompat.
2) Badan tetap condong ke depan disertai dengan gerakan lengan yang diayunkan.

0 komentar:

Posting Komentar