Rabu, 17 Juli 2019

Kebugaran Jasmani

KEBUGARAN JASMANI


1. Pengertian kebugaran jasmani
Kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebihan yang berarti. Setiap orang membutuhkan kebugaran jasmani yang baik, agar ia dapat melaksanakan pekerjaannya dengan efektif dan efisien tanpa mengalami kelelahan yang berarti.

2. Manfaat Latihan Kebugaran Jasmani
Manfaat melakukan latihan kebugaran jasmani secara teratur dan benar dalam jangka waktu yang cukup adalah:
      ·         Membantu menjaga berat badan tetap terkendali
      ·         Memperbaiki mood,mengurangi stres dan menjaga kualitas tidur
      ·         Meningkatkan energi

      ·         Menjauhkan penyakit
3. Bentuk-Bentuk Aktivitas Latihan Kebugaran Jasmani


Latihan kebugaran jasmani merupakan salah satu syarat yang sangat diperlukan dalam usaha peningkatan kebugaran jasmani seseorang, dapat dikatakan sebagai keperluan dasar yang tidak dapat diabaikan. Karena macam sikap gerak yang harus dilakukan, maka perlu disiapkan berbagai unsur kondisi fisik sebaik-baiknya. Untuk mencapai hal tersebut, unsur unsur kebugaran jasmani perlu dilatih. Tanpa penguasaan unsur-unsur kebugaran jasmani tersebut kamu tidak mungkin mendapatkan tubuh yang sehat dan kuat. Sekarang baca bentuk-bentuk latihan kebugaran jasmani dengan cermat, kemudian lakukan bersama-sama teman-temanmu untuk mempraktikkan berbagai jenis bentuk bentuklatihan kebugaran jasmani yang ada dalam buku ini, dan diskusikan cara melakukan latihan yang baik. Yakinlah “kalian bisa menjadi apapun yang kalian inginkan, dengan catatan kalian serius dan sepenuh hati melakukannya”. Unsur-unsur kebugaran jasmani antara lain: (1) Strength (kekuatan), (2) Power(daya), (3) Speed (kecepatan), (4) Flexibility (kelenturan), (5) Agility (kelincahan), (6) Endurance (daya tahan) dan (7) Stamina (daya tahan kecepatan).

A. Kekuatan (Strenght)
Kekuatan sendiri memiliki pengertian sebagai suatu kondisi dimana penggunaan otot untuk memaksimalkan tenaga saat melakukan suatu kegiatan fisik. Untuk mendapatkan kekuatan yang bagus memang perlu adanya latihan yang rutin. Bentuk latihan kekuatan contohnya Push Up, Sit Up, Back Up, Angkat Beban dan Squat Jump.

B. Daya Ledak (Power)
Power salah satu unsur kebugaran jasmani  merupakan kemampuan seseorang untuk melakukan sesuatu dengan kekuatan maksimal namun dengan waktu yang sangat singkat. Bentuk latihan power adalah Vertical run, Side jum dan Front Jump.

C. Kecepatan (Speed)
Kecepatan ini memiliki arti sebagai suatu kemampuan yang mampu melakukan suatu gerakan dalam kurun waktu yang singkat. Sedangkan secara umun kecepatan adalah waktu yang diperlukan oleh seseorang dalam melakukan suatu gerakan yang berkesinambungan dan berbeda. Bentuk latihan kecepatan adalah lari jarak dekat 40 Meter sampai 60 Meter.

D. Kelenturan (Flexibility)
Kelenturan atau yang dalam bahasa inggris disebut flexsibility merupakan suatu keadaan dimana adanya keleluasaan pada otot-otot tubuh terutama pada bagian persendian. Kelenturan ini menjadi salah satu unsur-unsur kebugaran jasmani dan juga menjadi salah satu hal yang diperlukan dalam setiap perlombaan cabang olahraga permainan maupun lainnya.
Bentuk latihan kelenturan adalah berenang, yoga dan senam. 

E. Kelincahan (Agility)
Kelincahan atau agility merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk menyesuaikan gerakan dari posisi satu ke posisi yang lainnya seperti dari posisi kanan ke kiri, atau dari depan ke belakang dan sebagainya. Bentuk latihan kelincahan adalah lari zig-zag, lari naik turun tangga, shuttle run, squat trust dan jumping jack.

F. Daya Tahan (Endurance)
Daya tahan ini merupakan sebuah keadaan dimana seseorang dapat menggerakkan semua bagian tubuh dalam tempo yang berbeda secara efisien dan efektif tanpa merasakan rasa lelah dan juga sakit yang berarti. Sehingga daya tahan ini sangat diperlukan terutama untuk para altit. Bentuk latihan daya tahan adalah lari 30 menit perhari dan lari jarak jauh.

G. Daya Tahan Kecepatan (Stamina)
Stamina adalah tingkat daya tahan yang lebih tinggi derajatnya dari pada daya tahan. Oleh karena itu sebelum dilatih untuk stamina, atlet harus terlebih dahulu memiliki suatu tingkat daya tahan tertentu.Bentuk latihan stamina adalah memperpanjang jarak lari dan waktu lari.

4. Tes Kesegaran Jasmani Indonesia (TKJI)
Tes kebugaran Jasmani Indonesia adalah serangkaian tes dan pengukuran kondisi fisik bagi anak dan remaja indonesia. TKJI meliputi usia sekolah di Indonesia antara usia 6-9 tahun, 10-12 tahun, 13-15 tahun dan 16-19 tahun. Rangkaian tes dan pengukuran tersebut dibuat dengan mengacu pada keadaan dan kemampuan anak dan remaja Indonesia, jadi dianggap lebih sesuai untuk mengukur kondisi kebugaran fisik anak dan remaja Indoneisa pada umumnya.
TKJI meliputi tes daya ledak otot (explosive power), kelincahan (flexibility), kecepatan (speed) dan kekuatan (streght). Item tesnya berupa lari jarak pendek (sprint), lari jarak menengah, baring duduk (sit up), angkat tubuh/gantung siku (pull up) dan loncat tegak (vertical jump).TKJI juga membedakan beberapa jenis tes berdasarkan jenis kelamin.
5. Sirkuit Training
Sirkuit latihan ialah Suatu suatu jenis program latihan yang berinterval di mana latihan kekuatan di gabungkan dengan latihan aerobic, yang juga menggabungkan manfaat dari kelenturan dan kekuatan fisik. “Sirkuit” di sini berarti Beberapa kelompok olahraga atau pos yang berada di area dan harus di selesaikan dengan cepat. Tiap peserta harus menyelesaikan satu pos dahulu sebelum ke pos lainnya.
Beberapa komponen kebugaran jasmani yang dilatih dalam circuit training ialah:
·         Kebugaran jasmani
·         Kekuatan Fisik
·         Kesehatan
·         Kelenturan tubuh

Video Sirkuit Training







0 komentar:

Posting Komentar